Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Custom Domain Blogger dengan Domainesia

Cara Custom Domain Blogspot atau Blogger dengan Domainesia

Bagaimana Cara Kustom Domain Blogger dengan Domainesia?

Cara mengkostum domain Blogger yang tadinya Blogspot.com menjadi domain yang kamu sudah beli, Jujur saja kami juga menggunakan domain asal domainesia ini.

Mau tahu bagaimana? Silakan ikuti panduan berikut ini ya. Untuk melakukan domain kustom melalui area klien, yang harus Anda persiapkan yaitu email dan kata sandi untuk login https://my.domainesia.com serta akun Blogspot. Email dan kata sandi login ini merupakan akun Anda di DomaiNesia ya guys. Yaps, akun kompilasi Anda mendaftar di DomaiNesia!


1. Masuk ke  (my.domainesia.com)

Langkah pertama yaitu, buka https://my.domainesia.com pada browser web. Lalu kirimkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Nama pengguna dan kata sandi ini merupakan akun Anda pada saat mendaftar di DomaiNesia sebelum membeli domain atau hosting.

arahkan domain ke blogger


2. Memilih Domain

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman area klien. Pada halaman ini Anda dapat mendukung semua produk yang telah Anda beli. Karena kali ini akan dilakukan domain kustom, maka klik MenuDomainspada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

arahkan domain ke blogger


3. Melakukan Pengecekan Name Server

Untuk melakukan domain kustom, mengimplementasikan Anda memilih Gunakan server nama default pada saat mengubah Nameserver. Pilihan Gunakan server nama default untuk melakukan ini jika ingin melakukan kustom domain ke Blogger atau mengatur penerusan domain.

Dalam pengisian Nameserver, Tim DomaiNesia telah memfasilitasi para pelanggan dengan memberikan daftar Nama Server yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, Panduan Baca Nameserver.

Setiap pelanggan dapat memiliki server nama yang berbeda. Untuk itu, setuju ingin melakukan custom domain, ganti nameserver sesuai dengan yang ada di Area Klien Anda!

4. Pastikan DNS Zone Manager Telah Aktif

Sebelumnya, kelola DNS Zone Manager telah aktif. Jika belum aktif, klik Mulai.

Jika sudah di klik “start”, maka akan muncul tampilan seperti ini. Nah, disetujui sudah muncul tampilan seperti ini, silahkan lanjutkan ke langkah 4.

5. Memilih Pengaturan Blogger

Untuk melakukan custom domain ke Blogger, silakan klik Pengaturan kemudian pilih Pengaturan Blogger

arahkan domain ke blogspot

6. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Langkah selanjutnya, buka tab browser baru, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger Anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak-3 untuk blog Anda.

domain khusus ke blogger

Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada Catatan sebelumnya. Misalnya www.domainesia.com. Pastikan menggunakan www ya. Lalu klik Simpan. Maka akan ada kesalahan dari pihak blogspot yaitu "Kami tidak dapat meminta otoritas Anda untuk domain ini". Kenapa itu bisa terjadi? Hal ini karena domain yang Anda tuliskan belum ada dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan persetujuan, terdapat host unik dan rekam unik dari google yang harus di setujui persetujuan domain.

7. Memasukkan Host & Rekam Unik Google

Pada halaman Blogger tadi, Anda telah menemukan host unik dan merekam unik dari Google. Nah, host dan record unik tadi akan digunakan untuk melakukan custom domain. Tim DomaiNesia telah memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan domain kustom dengan melalui halaman area klien (my.domainesia.com). Silakan klik Menu Domain lalu pilih tab Pengaturan. Kemudian Anda akan menemukan gambar seperti berikut. Untuk itu, Anda cukup buat host unik dari google dan rekam unik dari google pada kolom yang Kami sediakan di halaman area klien (my.domainesia.com). Kemudian klik Save.

Ingat, setiap akun memiliki host unik dan rekam unik yang berbeda. Jadi, simpan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger Anda!

8. Custom Domain Berhasil

Tunggu sebentar, maka proses domain kustom ke Blogger telah berhasil 🙂

9. melakukan pengecekan DNS

Untuk melakukan pengecekan apakah blogger telah mengarahkan ke domain, maka klik Menu Domain. Lalu klik Addons. Pilih DNS Zone Manager dan klik Manage DNS. Diperoleh 4 Alamat IP dari Blogger dan 2 akun CNAME seperti gambar berikut,

10. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Setelah itu kembali lagi ke Pengaturan menu - Dasar yang ada di Blogger. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak-3 untuk blog Anda. Lalu klik Simpan. Bila masih tidak bisa, mohon sudah Blogger yang masih dalam proses propagasi dengan DNS Anda yang dapat menghabiskan waktu hingga 24 jam. Jika lebih dari 24 jam juga belum dapat dilakukan, maka mungkin saja ada kesalahan pada pengaturan Anda dan silakan coba lagi untuk yang kedua kali.

Jika proses Simpan sudah berhasil, maka Anda akan melihat halaman Pengaturan di Blogger berisi nama domain dan nama blog lama. Misalnya www.websitesaya.my.id dan di bawahnya terdapat nama blog lama berisi blogakuu.blogspot.com. Di samping nama blogakuu.blogspot.com terdapat tulisan "pengalihan" yang berarti, alamat blog lama (* blogspot) telah diarahkan ke nama domain Anda yang baru. Voila! Domain khusus Anda sudah berhasil dilakukan 😀

11. Mengatur HTTPS di Blogger

Anda dapat mengaktifkan HTTPS agar aman! Silakan pilih YA.

12. Menunggu Proses Menyelesaikan DNS dan Update Konfigurasi

Pengingat, untuk proses custom blogspot meminta waktu kurang lebih 24 jam untuk menyelesaikan DNS dan memperbarui konfigurasi. Jika telah berhasil diakses, Anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non www ke www di dashboard blogger.

Sampai sini Paham? Bila masih bingung kunjungi langsung https://www.domainesia.com


4 komentar