Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Google Webmasters Tool

panduan-tutorial-google-search-console
Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile,Info Jumlah Pengunjung, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Di Artikel kali ini REPUBLIK akan membahasa seputar tentang Google Search Console atau Google Webmasters Tolls.

Google Search Console adalah tool yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu pemilik Blog/Website memaksimalkan performa Blog/Website.


Manfaat Google Search Console?

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari menggunakan Google Search Console. Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan di website Anda berdasarkan analisis dari Google Search Console. Berikut manfaat-manfaat yang Anda peroleh dari Google Search Console:

1. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

2. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung

Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

3. Identifikasi Halaman Paling Populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

4. Identifikasi Masalah Keamanan Website

Isu keamanan selalu menjadi perhatian semua pemilik website, baik blog, toko online, maupun website company profile. Semua orang ingin websitenya aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Kabar baiknya, Google Search Console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website Anda dan memberi peringatan. Dengan begitu Anda bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

5. Submit Sitemap

Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.
Cara Submit Sitemap
dan banyak lagi...

Cara Daftar dan Menambahkan Website ke Google Search Console

Berikut ini 7 langkah menambahkan wesbite ke Google Search Console:

➧Login Akun Google

➧Buka Webmasters Tools

➧Klik Add Property

➧Pilih Website

➧Pilih Website dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
Klik Continue

➧Pilih Cara Verifikasi.
Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.

➧Tambahkan Domain Secara Terpisah.
Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.
Untuk langkah lebih lengkap mengenai cara verifikasi Google Search Console, Anda bisa mengikuti panduan di artikel Cara Verifikasi Google Webmaster Tools.
Sampai disini sudah Paham?
Semoga berhasil selamat mencoba!!!

2 komentar